Jumat, 17 Agustus 2012


OpenCV dan Microsoft Visual Studio 2010

Kali ini kita bicara tentang sesuatu yang bernama OpenCV. OpenCV (Open Source Computer Vision) adalah library yang dulunya dikembangkan oleh Intel dan sekarang didukung oleh Willow Garage yang bermain pada bidang real-time image processing. OpenCV adalah gratis untuk digunakan dibawah lisensi Open Source BSD.
Library OpenCV dapat bekerja secara cross-platform. OpenCV ditulis dalam bahasa C, sehingga mudah dikembangkan ke berbagai platform. Maka dari itu OpenCV banyak dikembangkan supaya mendukung bahasa lain seperti C#, Phyton, Ruby, dan Java (menggunakan JavaCV).
Semenjak hadirnya OpenCV versi 2.0 (sekarang sudah sampai versi 2.1), OpenCV selain menggunakan bahasa C, juga menggunakan bahasa C++. Hal ini bermanfaat dalam mengurangi banyak kesalahan pemrograman ketika menggunakan OpenCV di C. Namun C++ sulit dikembangkan untuk mendukung bahasa lain sehingga banyak bahasa yang jadi tidak terlalu cocok dengan OpenCV 2.0.
Maka dari itu saya menggunakan bahasa C++ dalam menggunakan library OpenCV. Saya juga menggunakan Microsoft Visual Studio dalam mengembangkan aplikasi berbahasa C++. Nah pertanyaannya sekarang, bagaimana caranya menghubungkan library OpenCV yang telah kita installkan kepada Microsoft Visual Studio?
Disini saya contohkan menggunakan OpenCV versi 2.1 (bisa diunduh gratis disini) dan juga Microsoft Visual Studio 2010 Ultimate (versi expressnya yang gratis bisa diunduh disini). Oh ya saya juga menggunakan Windows 7 Ultimate x64 sebagai environment pengembangannya.
Setelah Anda mengunduh library OpenCV, silahkan lakukan proses penginstallan. Pilih saja yang default-defaultnya (klik next-next saja hehe). Setelah penginstallan selesai kita bisa melihat direktori penginstallan OpenCV kita:

Setelah itu silahkan buka Visual Studionya.

Buatlah sebuah C++ project misalnya untuk contoh C++ Win32 Console Application.

Setelah itu buka properties dari project kita, caranya klik Project lalu pilih menu yang paling bawah(<namafileproject> Properties).
Pada bagian Configuration Properties lalu masuk ke bagian C/C++, lalu pilih sub-bagian General. Pada propertiAdditional Include Directoriesnya klik dropdown menunya lalu pilih Edit.. lalu masukkan direktoriC:\OpenCV2.1\include\opencv (anggapan saya menginstall OpenCVnya di C:\).

Lalu masuk ke bagian Linker, pada sub-bagian General pada properti Additional Library Directoriesnya masukkan direktori C:\OpenCV2.1\lib dengan cara yang sama seperti sebelumnya.

Masih di bagian Linker, kita masuk ke sub-bagian Input. Edit properti Additional Dependenciesnya, tambahkan semua file *.lib yang ada di folder lib di folder penginstallan OpenCV kita.

Lalu terapkan semua perubahan-perubahan yang telah kita lakukan di atas. Dan sekarang VS2010 kita sudah terhubung dengan OpenCV. Dan tinggal menambahkan skrip include pada aplikasi kita untuk benar-benar menambahkan library OpenCV ke aplikasi kita. Misalnya:
#include “highgui.h” 
#include “cv.h”
Oh ya, jika kita menambahkan proyek baru atau solution baru, kita harus mengeset ulang pengaturan-pengaturan di atas ke proyek baru kita tersebut supaya terhubung dengan OpenCV.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar