6 PERISTIWA PENTING DALAM DUNIA IT
1. Yahoo Melewatkan Facebook
Tahukah
Anda kalau Mark Zuckerberg pernah nyaris menjual hak kepemilikan
Facebook kepada Yahoo? Tahun 2006, Yahoo melihat potensi Facebook cukup
besar untuk dijadikan lawan MySpace. Mereka sempat menawarkan uang
sebesar US$ 1 miliar kepada Mark. Namun saat akuisisi nyaris terjadi,
tiba-tiba Yahoo mengalami penurunan saham sampai 22 persen. Reaksi
Yahoo? Bernegosiasi menurunkan tawaran harga kepada Mark menjadi US$ 800
juta saja. Jelas dirinya menolak dan akhirnya memutuskan untuk
membesarkan Facebook sendirian.
2. Real Networks Menolak “iPod”
iPod,
pemutar file multimedia paling populer saat ini, ternyata pernah
ditolak konsepnya oleh Philips dan Real Networks. Tepatnya tahun 2000,
Tony Fadell menawarkan konsep pemutar MP3 mungil, bergaya, dan
menyediakan content-delivery system yang memudahkan pengisian musik,
bernama Pod.

Hanya
Apple yang mau menerima proposal Fadell dan memproduksi peranti yang
kita kenal sebagai iPod serta content-delivery system bernama
iTunes. Saat ini iTunes mendominasi 80% pasar musik digital berbayar
di dunia. Kabar Real Networks? Dengan RealPlayer-nya, pendapatan
mereka per tahun hanya segelintir dibanding penghasilan Apple dari
iTunes saja, belum ditambah penjualan iPod.
3. IBM Mengatrol Microsoft
Tahun
1980, IBM sedang mengerjakan proyek PC pertama dan mencari
perusahaan perangkat lunak yang bisa menyediakan disc operating
system (DOS). Awalnya mereka meminta bantuan Gary Kildall dari
Digital Research, pembuat sistem operasi CP/M.
Namun
negosiasi tidak berjalan mulus sehingga akhirnya IBM beralih kepada
duo Bill Gates dan Paul Allen yang memiliki program Microsoft DOS.
Kontrak pun terjalin dan IBM menuai sukses besar, sekaligus mengangkat
nama Microsoft. Jika saja Kildall mau menerima tawaran IBM, mungkin
perusahaannya-lah yang bakal meraksasa seperti Microsoft saat ini.


Akibatnya
Xerox hanya mendistribusikan Alto ke beberapa universitas secara
gratis. Nah, tahun 1979, Steve Jobs mengunjungi Xerox PARC, tempat
pengerjaan Alto. Saat melihat komputer ini, ia langsung terinspirasi dan
kemudian mengimplementasikan banyak fitur utama Alto ke dalam Lisa
dan Mac, dua PC yang sedang perusahaannya kembangkan. Ternyata Mac
sangat laris manis, sementara Xerox yang akhirnya mengikuti dengan
memasarkan Xerox Star (berbasis teknologi Alto) sudah terlambat masuk
pasar.
5. “Google” Sebelum Google
Medio
1990-an ketika perang antarmesin pencari masih berimbang antara
Yahoo, Altavista, dan Lycos, ada satu yang mencuat ke permukaan. Open
Text Web Index namanya. Mirip Google saat ini, Open Text dikenal
karena kecepatan respon, akurasi, dan komprehensif. Tahun 1995,
arsitektur Open Text bahkan dibeli Yahoo untuk diterapkan dalam mesin
pencariannya.
Namun
dua tahun berselang, pemilik Open Text memutuskan berpindah haluan
ke sektor content management system untuk enterprise. Padahal tahun
1998, Google baru diluncurkan. Jika saja Open Text (dan Yahoo) tetap
bermain di teknologi mesin pencari, mungkin saat ini merekalah yang
memimpin pasar. Sayang, mereka tak menyadari besarnya industri mesin
pencari pada masa seperti sekarang ini.
6. Microsoft Menyelamatkan Apple
Tahun
1997 adalah tahun kebangkitan Apple. Dalam kondisi krisis keuangan
akibat Mac-nya kalah bersaing dengan Power Computing dan Radius,
mereka terancam berhenti produksi. Untungnya, datang bantuan yang tak
disangka-sangka: Microsoft. Tanpa diduga mereka bersedia membeli
saham Apple sebesar US$ 150 juta, relatif cukup untuk memperpanjang
nafas.
Steve
Jobs, sebagai negosiator dalam perundingan dengan pihak Microsoft,
akhirnya ditunjuk sebagai CEO Apple. Kemudian lewat tangan dinginnya,
Apple kini malah mampu menandingi Microsoft — sang juru penolong —
dalam kompetisi bisnis TI.
PENGERTIAN KOMPONEN-KOMPONEN KOMPUTER

Kata komputer berasal dari bahasa Latin yaitu Computare yang artinya menghitung. Dalam bahasa Inggris disebut to compute. Secara definisi komputer diterjemahkan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan di memorinya. Jadi cara kerja komputer dapat kita gambarkan sebagai berikut
1. Input Device, adalah perangkat-perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam memori komputer, seperti keyboard, mouse, joystick dan lain-lain.
2. Prosesor, adalah perangkat utama komputer yang mengelola seluruh aktifitas komputer itu sendiri. Prosesor terdiri dari dua bagian utama, yaitu ;
- Control Unit (CU), merupakan komponen utama prosesor yang mengontrol semua perangkat yang terpasang pada komputer, mulai dari input device sampai output device.
- Arithmetic Logic Unit (ALU), merupakan bagian dari prosesor yang khusus mengolah data aritmatika (menambah, mengurang dll) serta data logika (perbandingan).
Memori terbagi atas dua macam, yaitu ;
- Read Only Memory (ROM), yaitu memori yang hanya bisa dibaca saja, tidak dapat dirubah dan dihapus dan sudah diisi oleh pabrik pembuat komputer. Isi ROM diperlukan pada saat komputer dihidupkan. Perintah yang ada pada ROM sebagian akan dipindahkan ke RAM. Perintah yang ada di ROM antara lain adalah perintah untuk membaca sistem operasi dari disk, perintah untuk mencek semua peralatan yang ada di unit sistem dan perintah untuk menampilkan pesan di layar. Isi ROM tidak akan hilang meskipun tidak ada aliran listrik. Tapi pada saat sekarang ini ROM telah mengalami perkembangan dan banyak macamnya, diantaranya :
- · PROM (Programable ROM), yaitu ROM yang bisa kita program kembali dengan catatan hanya boleh satu kali perubahan setelah itu tidak dapat lagi diprogram.
- · RPROM (Re-Programable ROM), merupakan perkembangan dari versi PROM dimana kita dapat melakukan perubahan berulangkali sesuai dengan yang diinginkan.
- · EPROM (Erasable Program ROM), merupakan ROM yangdapat kita hapus dan program kembali, tapi cara penghapusannya dengan menggunakan sinar ultraviolet.
- · EEPROM (Electrically Erasable Program ROM), perkembangan mutakhir dari ROM dimana kita dapat mengubahdan menghapus program ROM dengan menggunakan teknikelektrik. EEPROM ini merupakan jenis yang paling banyak digunakan saat ini.
- Random Access Memori (RAM), dari namanya kita dapat artikan bahwa RAM adalah memori yang dapat diakses secara random. RAM berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu (power on) jika komputer kita matikan, maka seluruh data yang tersimpan dalam RAM akan hilang. Tujuan dari RAM ini adalah mempercepat pemroses data pada komputer. Agar data yang kita buat tidak dapat hilang pada saat komputer dimatikan, maka diperlukan media penyimpanan eksternal, seperti Disket, Harddisk, flash disk, PCMCIA card dan lain-lain.
Komponen-Komponen Komputer
Komputer terdiri dari tiga komponen utama yang tidak dapat dipisahkan, yaitu ;
1. Hardware (perangkat keras), Merupakan peralatan fisik dari komputer yang dapat kita lihat dan rasakan. Hardware ini terdiri dari ;
- Input/Output Device (I/O Device) Terdiri dari perangkat masukan dan keluaran, seperti keyboard dan printer.
- Storage Device (perangkat penyimpanan) Merupakan media untuk menyimpan data seperti disket, harddisk, CD-I, flash disk dll.
- Monitor /Screen Monitor merupakan sarana untuk menampilkan apa yang kita ketikkan pada papan keyboard setelah diolah oleh prosesor. Monitor disebut juga dengan Visual Display Unit (VDU).
- Casing Unit adalah tempat dari semua peralatan komputer, baik itu motherboard, card, peripheral lain dan Central Procesing Unit (CPU).Casing unit ini disebut juga dengan System Unit.
- Central Procesing Unit (CPU) adalah salah satu bagian komputer yang paling penting, karena jenis prosesor menentukan pula jenis komputer. Baik tidaknya suatu komputer, jenis komputer, harga komputer, ditentukan terutama oleh jenis prosesornya.Semakin canggih prosesor komputer, maka kemampuannya akan semakin baik dan biasanya harganya akan semakin mahal.
- Sistem Operasi, seperti DOS, Unix, Linux, Novell, OS/2, Windows, Adalah software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masingnya dapat saling berkomunikasi. Tanpa ada sistem operasi maka komputer tak dapat difungsikan sama sekali.
- Program Utility, seperti Norton Utility, Scandisk, PC Tools, dll.Program utility berfungsi untuk membantu atau mengisikekurangan/kelemahan dari system operasi, misalnya PC Tools dapat melakukan perintah format sebagaimana DOS, tapi PC Tools mampu memberikan keterang dan animasi yang bagus dalam proses pemformatan. File yang telah dihapus oleh DOS tidak dapat dikembalikan lagi tapi dengan program bantu hal ini dapat dilakukan.
- Program Aplikasi, seperti GL, MYOB, Payroll dll. Merupakan program yang khusus melakukan suatu pekerjaan tertentu, seperti program gaji pada suatu perusahaan. Maka program ini hanya digunakan oleh bagian keuangan saja tidak dapat digunakan oleh departemen yang lain. Biasanya program aplikasi ini dibuat oleh seorang programmer komputer sesuai dengan permintaan / kebutuhan seseorang / lembaga/ perusahaan guna keperluan interennya.
- Program Paket, seperti Microsofr office, Adobe fotoshop, macromedia studio, open office dll Adalah program yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat digunakan oleh banyak orang dengan berbagai kepentingan. Seperti MS-office, dapat digunakan oleh departemen keuangan untuk membuat nota, atau bagian administrasi untuk membuat surat penawaran dan lain sebagainya.
- Bahasa Pemrograman, PHP, ASP, dBase, Visual Basic, dll.Merupakan software yang khusus digunakan untuk membuat program komputer, apakah itu sistem operasi, program paket dll. Bahasa
o Low Level Language, bahasa pemrograman generasi pertama,bahasa pemrograman jenis ini sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin. Biasanya yang mengerti hanyalah pembuatnya saja.
o Midle Level Language, merupakan bahasa pemrograman tingkat menengah dimana penggunaan instruksi sudah mendekati bahasa sehari-hari, walaupun begitu masih sulit untuk di mengerti karena banyak menggunakan singkatansingakatan seperti STO artinya simpan (singkatan dari STORE) dan MOV artinya pindah (singkatan dari MOVE).Yang tergolong kedalam bahasa ini adalah Assembler, ForTran (Formula Translator).
o High Level Language, merupakan bahasa tingkat tinggi yang mempunyai cirri mudah dimengerti, karena menggunakan bahasa sehari-hari, seperti BASIC, dBase, Visual Basic, VB.Net dll.
3. Brainware (User),
User adalah personel-personel yang terlibat langsung dalam pemakaian komputer,seperti Sistem analis, programmer, operator, user, dll. Pada organisasi yang cukup besar, masalah komputerisasi biasanya ditangani oleh bagian khusus yang dikenal dengan bagian EDP (Electronic Data Processing), atau sering disebut dengan EDP Departemen, yang dikepalai oleh seorang Manager EDP.
Demikian PENGERTIAN KOMPONEN-KOMPONEN KOMPUTER Semoga bermanfaat. Jika Anda pertanyaan, saran atau tambahan dari rekan-rekan, silahkan poskan dikolom komentar. Bisa juga melalui Facebook Sahabat Bhasoe….Semoga Bermanfaat…
Tidak ada komentar:
Posting Komentar